Rabu, 30 Maret 2016

#145. Cara Menarik Pemasang Iklan di Blog Kita

Selamat sore guys...
Udah pada sholat belum?? Jikalau sudah admin mau tanya, ada yang sering nulis? atau berbagi pengalaman? Yups dulu admin demen nulis bray, sampai punya yang namanya buku diary. Jangan tanya isinya bro, geger ntar dunia persilatan. Hihihi.. Dahulu kala sebelum internet booming dan mengubah dunia, kita nulis ya di kertas atau buku diary. Terus kalau mau diliatin ke temen bawa dah tu diary ke rumahnya.. Hehehe.. Nah era digitalisasi seperti sekarang juga banyak yang sering nulis dan menceritakan pengalaman, berbagi ilmu dan mengembangkan hobi lewat tulisan. Kalau sekarang udah modern bray, jadi mereka nulis di blog atau website pribadi.

Blog sendiri adalah sarana atau wadah bagi kita untuk mencurahkan segala cerita atau tulisan secara elektronik dengan menggunakan internet. Nah selain untuk keperluan menulis ataupun menyalurkan hobi ternyata kegiatan blogging bisa menghasilkan uang lho.. 



Ngeblog jadi lebih seru jika selain untuk menulis juga dibarengi dengan adanya pendapatan yang menggiurkan. Salah satu bentuk penghasilan yang bisa kita peroleh dari blog adalah dengan menjual spot iklan. Menawarkan spot iklan kepada para advertiser memang akan memberi banyak keuntungan, seperti pemilik blog yang memperoleh uang utuh karena tidak dipotong oleh pihak ketiga (broker iklan) dan pemilik blog yang bisa menyeleksi iklan-iklan apa saja yang bisa ditampilkan.

Namun ada yang harus kamu lakukan guna mendapatkan iklan yang mau nampang di website atau blog kita. Dibutuhkan banyak usaha dan upaya yang serius dari pemilik blog untuk membuat blognya menarik dan memikat banyak orang, termasuk para pengiklan.

Berikut admin kasih trik dan tips agar advertiser mau mengiklankan produknya di website atau blog kita : 

1. Miliki Trafik Tinggi
 
Tips dan langkah pertama untuk bisa menggaet pengiklan adalah dengan meningkatkan trafik blog kamu. Trafik atau statistik jumlah pengunjung yang datang di blog, merupakan senjata ampuh untuk bisa membuka dan menarik hati serta simpati para pengiklan. Saat akan memasang iklan, para Advertiser memang pertama kali akan fokus pada trafik blog yang dimiliki. 

Hal ini dilakukan oleh pengiklan agar tidak rugi, karena mereka sudah bayar mahal untuk spot iklan eh tetapi ternyata blognya jarang dikunjungi orang. Maka untuk itu sebelum membuat penawaran dan menghubungi pengiklan,kamu harus pastikan traffik blog kamu tinggi.

2. Buat  Daftar Calon Pemasang Iklan dengan Rapi

 Blog kamu traffiknya tinggi, tetapi akan jadi sia-sia ketika tidak didukung dengan referensi catatan advertiser yang baik. Untuk itu blogger yang memang ingin target monetisasi blog miliknya maksimal, ia harus mengetahui dan memiliki banyak informasi mengenai daftar para pengiklan.

Tidak semua pengiklan itu bagus. Selain jumlah keuntungan, kecocokan dengan blog juga harus kamu perhitungkan. Jangan sampai blog kamu tidak sesuai dengan konten iklan yang ada. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk mencari para calon pemasang iklan yang sesuai dengan kriteria blogmu.

3. Buat Halaman Advertiser

Setelah kamu memiliki trafik blog yang cukup kuat dan daftar referensi para pengiklan, maka saatnya bagi kamu untuk berpromosi blog guna menjaring pengiklan. Pertama-tama bisa dilakukan dengan promosi internal melalui blog kamu sendiri dengan membuat halaman khusus pemasangan iklan.

Hal ini bertujuan untuk menjaring calon pengiklan yang mungkin saja datang ke blogmu sebagai visitor. Guna menjadikan halaman pengiklan yang baik dan efektif, maka Anda perlu memperhatikan di dalam halaman tersebut seperti target pemasang iklan, keuntungan bagi pengiklan, data trafik, pilihan spot banner, biaya iklan, cara pembayaran dan kontak. 

4. Hubungi Calon Pemasang Iklan

Langkah terakhir yang menjadi kunci adalah dengan melakukan promosi keluar menghubungi para advertiser. Seperti layaknya bisnis untuk menggapai profit, kamu juga perlu keluar jemput bola dengan melakukan pemasaran atau promosi secara langsung terhadap sasaran. Dengan cacatan daftar atau list yang telah  dimiliki, kamu bisa proaktif menghubungi calon pemasang iklan.

Kamu bisa menghubungi mereka via email atau kontak langsung. Disarankan gunakan bahasa formal dan sopan.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan Anda lakukan saat menghubungi pemasang iklan antara lain :
  • Perkenalkan diri pada calon advertiser
  • Informasikan keperluan Anda yang ingin menawarkan pemasangan iklan
  • Berikan gambaran yang umum dan padat tentang topik dan trafik blog Anda
  • Informasikan keuntungan yang bisa didapat pengiklan, pilihan spot banner, biaya, cara pembayaran serta kontak yang bisa dihubungi

Itu dia guys tips dan trik yang bisa admin kasih. Agar lebih paham dan memperluas pengetahuan kamu tentang online advertising tongkrongin aja terus BLOG ane Hehehe.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Created By Sora Templates