#155. Pendukung Efektivitas Banner Ads di Beberapa Website
Selamat siang guys...
Iklan merupakan upaya
untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Baik secara
konvensional lewat media cetak, radio dan televisi iklan menjadi salah satu
ujung tombak pemasaran produk atau jasa sebuah perusahaan, sehingga beragam
inovasi ditampilkan agar iklan menarik pelanggan baru serta mempertahankan
kesetiaan dari pelanggan lama. Salah satunya dengan menerapkan teknologi
informasi ke dalam dunia periklanan, diantaranya periklanan lewat media
Internet.
Iklan dengan menggunakan
media Internet memiliki banyak ragam strategi pemasaran, misalnya melakukan
promosi produk atau jasa terbaru dengan menggunakan media email atau sering
disebut email campaign seperti junk mail, spam, Opt-In email atau permission
email address, kemudian strategi affiliate programs yaitu menggunakan pihak
ketiga untuk menaruh link menuju halaman website yang kita miliki, dan kemudian
memberikan komisi ketika user masuk ke halaman website kita lewat link yang
dipasang pihak ketiga dalam website atau blog yang pihak ketiga miliki, sesuai
dengan kesepakatan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sebenarnya banner adalah
bentuk awal advertising web yang sampai saat ini masih digunakan oleh website,
meskipun akhir-akhir ini popularitasnya sudah mulai menurun, dan telah banyak
digantikan oleh bentuk advertising lain seperti text ads dan iklan yang
disamarkan ke dalam konten yang terbukti sangat ampuh meningkatkan CTR (Click
Through Rate).
Salah satu cara untuk mendatangkan traffic yang digunakan oleh hampir
semua penyedia layanan online, penjual produk, pengelola bisnis model afiliasi
maupun pemilik blog atau website non-komersil sekalipun adalah banner. Baik itu
sekedar berupa gambar statis, tulisan dan gambar statis, maupun gambar
dantulisan bergerak, nampaknya penggunaan banner telah diakui mampu
mendatangkan traffic bagi situs atau blog. Setidaknya lebih dari sepuluh ukuran
standar sebuah banner yang biasa kita temukan menunjukkan bahwa banner memang
dianggap penting dan strategis dalam mendatangkan traffic.
Dari sebuah penelitian di
tahun 2010 di Indonesia, ternyata faktor-faktor terhadap frekuensi kunjungan, karakteristik tampilan banner ads, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan tingkat
pendidikan terakhir mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas banner ads di beberapa website
terkenal untuk meningkatkan brand image.
Sementara itu dilain pihak,
faktor-faktor seperti tingkat aksesibilitas
internet,waktu loading banner ads, usia
pengunjung, dan lokasi mengakses
internettidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas banner
ads di beberapa website yang sama.
Semoga bermanfaat guys...
0 komentar:
Posting Komentar