#200. Review Pertumbuhan Industri eSports
Selamat pagi guys...
Game online atau yang sedang populer
disebut esport sepertinya sudah menjadi sebuah candu di kalangan masyarakat.
Banyak diantara mereka yang menghasbiskan waktunya dengan bermain game, tak
ayal banyak juga pihak-pihak seperti orang tua dan guru yang mengecam kegiatan
ini karena bisa berimbas buruk untuk masa depan anak. Yups hal itu benar jika
tidak dikelola dengan baik, beda halnya jika kamu memang serius dan menekuni
game online ini, kamu akan menjadi gamer professional dan nantinya
berpenghasilan fantastis.
Tak hanya itu banyak gamer online
yang akhirnya memutuskan untuk menjadi developer game dan hasilnya sukses
karena mereka menenuki pekerjaan dan berdedikasi penuh terhadap pekerjaan
mereka. Sayangnya banyak yang meragukan akan fakta bahwasanya memang iuntungndustri
game online telah menjadi suatu bisnis yang menguntungkan. Mereka berdalil
karena belum adanya pembuktian dan data konkret.
Untuk meyakinkan kalangan itu,
sebuah badan riset Newzoo melakukan penelitian dan pengamatan yang
ternyata hasilnya bisa menjadi jawaban permasalahan diatas. Berikut admin kasih
ulasannya guys..
Newzoo menjabarkan prediksi
pertumbuhan pasar eSports secara global di tahun 2016. Perusahaan ini
mengatakan bahwa nilai pasar untuk sektor ini akan bertumbuh sebesar 43%
tahun ini—dari US$325 juta (sekitar Rp4,5 triliun) pada tahun lalu menjadi
US$463 juta (sekitar Rp6,5 triliun). Bahkan di tahun 2019, sektor ini
diprediksi akan bernilai US$1 miliar (sekitar Rp13,9 triliun).
Untuk pertumbuhan finansial per
wilayah, Amerika Utara tetap akan menjadi tempat yang paling menguntungkan
secara pada tahun 2016—melalui penjualan tiket, merchandise,
sponsor, iklan, dan lain-lain. Sementara untuk pertumbuhan penonton, Asia akan
menjadi pemimpinnya karena menghadirkan 44% dari seluruh penikmat eSports
di seluruh dunia.
Meskipun terkesan sangat besar,
prediksi pertumbuhan sektor ini ternyata masih lebih lambat dari realita
pertumbuhan eSports selama tahun 2015—yang mencapai 67%. Dengan begitu, ada
kemungkinan pada kenyataannya pertumbuhan eSports tahun 2016 bisa
melambung jauh lebih tinggi.
Nah semoga hasil riset tersebut
mammpu membuktikan kepada dunia bahwa industri game adalah bisnis yang
menjanjikan dan mampu mennghasilkan keuntungan yang fantastis.
0 komentar:
Posting Komentar