#5. Contoh Situs E-Commerce Di Indonesia
Situs E-Commerce Yang Mendominasi Market
Online Di Indonesia :
Situs
e-commerce pertama yang paling sukses mendominasi pasar online Indonesia adalah
Tokopedia.com. Didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan
Leontinus Alpha Edison, PT. Tokopedia kini telah menjelma sebagai salah
satu pelaku e-commerce terbesar di Indonesia.
Bagaimana
tidak, situs yang pertama kali muncul dalam versi beta ini telah berhasil
menjadi situs marketplace online dengan tingkat kunjungan paling
tinggi di Indonesia, yakni di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat
dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Dengan 20
ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar dan ratusan ribu produk yang
dimiliki, Tokopedia telah mampu mencatatkan transaksi yang mencapai miliaran
rupiah.
Sebelum
diakuisisi OLX pada bulan Mei 2014, TokoBagus.com merupakan salah satu situs
iklan baris terbesar di Idnonesia. Situs yang diinvestasi oleh Myriad
International Holdings (MIH) ini mengakomodasai para penggunanya untuk
mengiklankan berbagai macam jenis barang yang ingin dijual secara gratis.
Dengan
kunjungan yang mencapai 100 ribu perharinya, toko online yang didirikan tahun
2005 ini terus bertumbuh dengan pesat hingga kemudian menarik OLX untuk
mengakuisisi situs ini. TokoBagus.com sendiri kala itu mendapatkan keuntungan
dari iklan komersial dan biaya keanggotaan premium yang ditawarkan bagi para
pengguna setianya.
Salah
satu pesaing TokoBagus saat itu adalah Berniaga.com. Tanpa disangka Berniaga
menjadi situs iklan baris yang juga berkembang pesat. Situs ini beroperasi di
bawah bendera perusahaan PT 701Search ini telah beroperasi sejak Desember 2009
dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti,
kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya.
Kemajuan
yang ditunjukkan oleh toko jual beli online yang memiliki slogan “Jual beli
mudah di berniaga.com” ini kemudian juga menarik OLX untuk mengakuisisnya pada
14 Januari 2015.
Situs e-commerce berikutnya yang telah merajai
perdagangan online Indonesia adalah Bhinneka.com. Dengan berfokus pada penjualan
perangkat-perangkat IT, Bhinneka telah mampu bersaing dan juga tumbuh pesat
dengan mencatat transksi yang mencapai 400 transaksi dari 2 persen total
kunjungan online perharinya.
Sistem penjualan Bhinneka sendiri cukup menarik karena
selain menjual secara online, pihak Bhinneka juga membuka
toko offline yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta.
Toko offline ini dibuka untuk mengakomodir para konsumennya yang tak memiliki
akses terhadap jaringan internet.
Toko
online yang dijuluki Amazon-nya Asia ini juga tak bisa dilewatkan dari daftar
situs e-commerce terbesar di Indonesia. Dilaunching tahun 2012 kemarin, Lazada
Indonesia memfasilitasi para online shopper Indonesia untuk berbelanja aneka
jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan
dan produk kecantikan. Dengan basis dan jaringan pada perusahaan raksasa ritel
asal Jerman bernama Rocket Internet, tentu Lazada Indonesia menjadi sangat kuat
dalam hal pendanaan dan pengorganisasiannya.
Terakhir,
situs e-commerce yang telah mendominasi pasar online di Indonesia adalah Zalora
Indonesia. Sebagai salah satu cabang dari Zalando, situs belanja online
terbesar Eropa, Zalora Indonesia mengkhususkan layanannya pada kebutuhan
fashion dari beragam brand terkenal baik produk lokal maupun
internasional. Sejak berdiri pada tahun 2012 lalu, Zalora Indonesia telah mampu
bersaing dalam ketatnya e-commerce Indonesia dan akhirnya menjadi salah satu
situs online yang laris manis.
0 komentar:
Posting Komentar